29 Desember 2007

NDS (Nintendo Dual Screen)




Jadi NDS biasa / NDS Lite itu terdiri dari : ( general pack )
1 Mesin NDS
1 Supercard / R4 / M3 / dan perangkat pembantu lainnya
1 Memory Card ( Mini SD / MIcro SD )



Untuk SPECIAL PACK:GENERAL PACK
Pelindung DS (semacem cover gitu)
screen Protector (supaya layarnya ga gores)



Mesin NDS tau lah gunanya untuk apa..

Untuk supercard / R4 / M3 Simply / perangkat lain yang berhubungan dengan itu, gunanya adalah sebagai perantara dari Memory Card ke DS untuk memainkan ROM Game yang ada. Kalo GAME ASLI, gak usah pake alat ini.


Untuk Memory Card itu sendiri, gunanya adalah untuk menyimpan ROM Game ( bajakan ) yang ada. Masing-masing Memory Card / Game yang ada mempunyai kapasitas / bobot masing-masing.Untuk General Memory Card ( Mini / Micro SD ) biasanya 1 GB. Untuk bobot game, bermacam-macam.



NDS cara mainnya yah sama kayak GameBoy ( tau khan ? ), cuman ada dua layar. Layar atas adalah sebagai layar UN-TOUCH SCREEN atau layar biasa ( kayak layar GamebOy ), satu lagi dibawah adalah TOUCH SCREEN dengan stylus

( NDS = stylus di atas, NDS Lite = stylus di samping kanan ) sebagai alat pembantunya.



Ingat, gunakan SCREEN PROTECTOR, supaya gak cepat tergores. Dan, kalo udah ngerti Penjelasan UMUM di atas, dijamin udah bisa bermain..



kalo gak ngerti, boleh nanya ke sini, atau nanya ke toko game ( biasanya di Mangga Dua (Buat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya), sepertinya lebih ahli dari di mall, gak tau deh.. kalo mall, biasanya yang pintar-pintar toko game gede..( mungkin seperti Terminal Games dan lain-lain ).


mengenai perangkat untuk memainkan ROMs game :

saat ini yang bagus pakai M3 Lite tapi lumayan harganya kisaran 650 ribu rupiah


M3 Lite mempunyai fitur :


1. Built in emulator


Pengertian Built ini emulator ini, bahwa emulator untuk NES, GB, GBC, PC Engine sudah terinstall di chip M3 Perfect ini. So jikalau anda ingin mengenang nostalgia game2 seperti Supercontra/Super Mario Bros/Zelda NES, M3 perfect dapat diadikan pilihan yang tepat. Juga sudah dapat mensave dengan sempurna untuk game emulator yang ada


2. Real Time Clock


Dengan adanya Fasilitas Real time clock, maka anda dapat memainkan game Pokemon dengan lancar dan sesuai dengan waktu yang telah di set pada saat awal bermain pokemon.


3. Memory Static


Dengan adanya Memory Static ini, maka anda dapat memainkan ROM GBA 100% tanpa lag dan sempurna.


4. Adanya fasilitas Multimedia.


Anda dapat mendengar music MP3, melihat Text book, picture yang berekstension (jpeg, gif, bmp, png ), dan menonton movie divX dengan baik dengan bantuan program Moonsheel untuk M3. Movie yang diconvert dengan hasil ekstension .dpg itu sudah cukup dapat dikatakan baik dan sempurna.


5. Fasilitas Save yang baik


Jika anda memainkan ROM GBA dan dalam suatu permainan ada save point maka cukup ikuti perintah save point yang ada dalam permainan dan secara otomatis akan tersave di SD/Mini SD anda. Tidak perlu ada hotkeys yang dilakukan.Sistem Save sama seperti Flashcard GBA yang telah beredar sekarang ini (seperti EZ Flash ). Juga adanya fasilitas backup save untuk pemakai M3 yang sudah mengupdate ke firmware C.21


6. Kekompabilitasan ROM baik.


Kekompabilitasan ROM GBA dan ROM NDS dapat dikatakan sempurna. ROM GBA 100% berjalan sempurna dan no lag/freeze. ROM NDS hanya 99% berjalan dengan sempurna dan didukung dengan software reset yang sempurna ( ROM yang tidak bisa dioperasikan hanya TOP SPIN ( U ) untuk saat ini ).


7. Adanya fasilitas tambahan M3 lite Perfect


Anda bosan dengan background yang ada dan ingin diganti seperti fasilitas background di windows. Di M3 ini anda dapat menggantinya. Anda juga dapat membuat background seperti yang anda inginkan dengan program yang dinamakan SKIN CONVERTOR.


Anda juga dapat membuat password sehingga NDS anda tidak dapat dimainkan oleh semua orang. Pada saat NDS anda dinyalakan maka akan keluar perintah untuk memasukkan password. Disamping itu jika M3 anda sudah di upgrade ke firmware terbaru maka akan ada fasilitas PDA. Untuk sementara ini PDA berbahasa mandarin. Dan dijanjikan akan keluar yang versi Bahasa Inggris ( berita dapat dilihat di www.dualscene.net )


Dengan firmware yang baru ini, maka anda juga dapat memasukkan Cheat untuk ROM NDS dan GBA . Untuk ROM GBA pada saat patch kalo anda mempatch dari ROM 001 - ... itu akan ada piliham mau masukin cheat atau tidak. M3 akan mendeteksi secara otomatis. Tapi kalo ROM NDS kita masukin secara manual, tapi untuk sekarang ini baru sedikit ROM yang bisa dicheat......seperti Jump superstar, Seiken Densetsu dsb........


passkey perlu ! semua card yang dimasukin dari slot2 itu perlu passkey! (supercard lite,CycloDS,M3lite) karna pada dasarnya slot-slot itu untuk main game GBA bukan NDS. TAPI! kamu perlu khawatir... kalo kamu beli NDS minta aja sekalian di byPass! kalo yang punya toko minta biaya tambahan, tinggalin aja tuh toko. nanti juga dia juga teriak "Mas ! Mba ! SINI! Gratis deh!!"


paling bagus buat kebutuhan kamu emang M3 Lite Perfect. Tapi slot-1 nya harus dipasangin Passcard3 buat nge-bypass deteksi Cartridge original DS. Biasanya orang di slot-1 nya dipasangin M3 DS Simply juga biar bisa nambah SD Card lagi dan bisa bawa-bawaROM lebih banyak (Simply bisa berfungsi sebagai passcard juga).


Jadi intinya gini, kombinasi paling bagus itu :

Slot-1 : M3 DS Simply (MicroSD cardnya diisi ROM DS)
Slot-2 : M3 DS Lite Perfect (MicroSDnya diisi ROM DS & GBA)

[tapi ini jadi mahal sekali .. bisa 1 juta cuma buat beginian]


intinya M3 DS Lite udah mayan bagus kok



ROMs game NDS akan segera menyusul, silahkan cek kembali postingan sebelumnya
atau tunggu update selanjutnya. Harvest Moon NDS ada di Postingan Harvest moon colection
Selamat Bermain

2 komentar:

Anonim mengatakan...

hi man, jarang lho orang yang maen ds skarang, makanya wa jadi bingung..

game yang terbaik akan muncul 2 bulan lagee.. (/swt) khusus bwt ff tactics advance 2 ff crystal chronicles. untuk sementara ini revenant wings, zelda, cooking mama, hotel dusk room 215, bleach blade of fates, pokemon, naruto path of the ninja yang terbaik...

btw soal cheat rom itu.. kodenya gimana? apa basicnya vb or command prompt?

wa ada fs jg email wa di kabuki_kunai@yahoo.com salam knal gamer!!

Ilmi Aji mengatakan...

haduh bikin mupeng aja gan